Inovasi KAI: Mengganti Bantalan Kayu dengan Sintetis

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan inovasi dengan mengganti bantalan kayu pada konstruksi rel kereta di jembatan baja dengan bahan sintetis. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan.

Keunggulan Bantalan Sintetis

Bantalan sintetis memiliki keunggulan dibandingkan bantalan kayu, antara lain:

  • Lebih ramah lingkungan karena mengurangi ketergantungan pada bahan baku kayu.
  • Masa penggunaan lebih lama, sehingga menghemat biaya perawatan.
  • Meningkatkan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.
Target Penggantian

KAI menargetkan untuk mengganti seluruh bantalan kayu pada konstruksi jembatan baja menjadi berbahan sintetis pada tahun 2024. Pada tahun 2022, KAI telah mengadakan 5.656 batang bantalan sintetis, dan pada tahun 2024 akan mengganti 15.864 batang kayu menjadi sintetis.

Share this article
The link has been copied!