XL Axiata Manfaatkan AI untuk Tingkatkan Efisiensi Operasional

XL Axiata mengandalkan kecerdasan buatan (AI) sebagai strategi untuk menggenjot bisnisnya. Direktur & Chief Enterprise Business & Corporate Affairs XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengungkapkan bahwa AI telah membantu perusahaan menghemat biaya operasional dan meningkatkan efisiensi.

Manfaat Nyata AI bagi XL Axiata

Sejak akhir 2019, XL Axiata telah merasakan manfaat nyata dari penggunaan AI. Peningkatan pelayanan call center, perencanaan dan optimasi jaringan, serta agen penjualan telah berkontribusi pada pengurangan energi listrik, penurunan jejak karbon, dan peningkatan kualitas layanan jaringan.

Selain itu, AI juga membantu XL Axiata menghemat biaya operasional, meningkatkan Net Promotor Score (NPS), dan mengurangi emisi karbon hingga 42%. Rata-rata waktu penanganan masalah berkurang 50%, dan perjalanan mengunjungi mitra penjualan berkurang 13-15% karena lebih efisien.

Mitigasi Risiko dan Etika AI

XL Axiata menyadari potensi risiko terkait keamanan siber dan kerentanan data yang dapat muncul dari integrasi AI. Untuk itu, perusahaan berkomitmen untuk mengimplementasikan AI secara bertanggung jawab dan etis. XL Axiata menerapkan protokol keamanan siber khusus AI, berkoordinasi lintas departemen terkait AI, dan memberikan pelatihan AI untuk karyawan.

Share this article
The link has been copied!